Marak Teror Ular Kobra, Ini Doa Menghadapinya

Tasya Awlia - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 14:43 WIB
Ular Kobra/Foto: Diskar PB Kabupaten Purwakarta
Ular Kobra/Foto: Diskar PB Kabupaten Purwakarta
Jakarta - Teror ular kobra menghantui sejumlah masyarakat Indonesia. Tentu saja ini membuat resah karena ular kobra menjadi salah satu spesies ular yang berbisa.

Pada musim hujan merupakan musim ular kobra menetasnya. Mereka pun akan mencari tempat untuk bertelur, dan pemukiman warga yang menjadi sasarannya. Pemukiman penduduk di Kabupaten Klaten maupun daerah lain yang sekarang sedang di teror oleh kedatangan ular kobra yang tidak sedikit jumlahnya.



Bagiama seorang muslim ketika menemui seekor ular?

"Ketika seorang muslim bertemu dengan ular, tidak boleh langsung dibunuh, namun diadzani. Jika ular tersebut tidak pergi, maka ular tersebut adalah jin dan boleh dibunuh" kata Ustadzah Syarifah Kamila, salah satu pengasuh Pondok Pesantren Riyadlul Jannah, Ciseeng, Bogor kepada detikcom, Jumat 13 Desember 2019.


Dalam sebuah hadis Riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

ُقْتُلُوا الْحَيَّاتِ وَاقْتُلُوْا ذَا الطُّفْيَتَيْنِ وَالأَبْتَرَ فَإِنَّهُمَا يَطْمِسَانِ الْبَصَرَ وَيَسْتَسْقِطَانِ الْحَبَلَ

"Bunuhlah ular-ular dan bunuhlah dza ath-thufyatain dan abtar (nama dari dua jenis ular berbisa) karena keduanya membutakan pandangan dan menggugurkan kandungan."

Menurut Syarifah, ular boleh langsung dibunuh apabila sudah membahayakan. Hanya jika ular tersebut ditemukan di rumah maka dianjurkan untuk tidak terburu-buru dibunuh. Diperingatkan selama 3 hari atau 3 kali lebih dulu. Sebab dikhawatirkan bahwa ular tersebut adalah jin yang menyerupai bentuk ular.

Adapun doa ketika melihat ular:

أَنْشُدُكُنَّ الْعَهْدَ الَّذِي أَخَذَ عَلَيْكُنَّ نُوحٌ أَنْشُدُكُنَّ الْعَهْدَ الَّذِي أَخَذَ عَلَيْكُنَّ سُلَيْمَانُ أَنْ لَا تُؤْذُونَا

"Jika salah seorang dari kalian melihat mereka berada di rumah-rumah kalian, maka katakanlah kepada mereka, 'Aku sumpahi kalian atas janji yang pernah Nuh ambil dari kalian, aku sumpahi kalian atas janji yang pernah Sulaiman ambil dari kalian".

Selanjutnya
Halaman
1 2