Selain Pencak Silat RI, Silat Malaysia Juga Diakui UNESCO Jadi Warisan Dunia

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 13:51 WIB
Silat Malaysia (Twitter UNESCO/Dept of National Heritage Malaysia)
Silat Malaysia (Twitter UNESCO/Dept of National Heritage Malaysia)
Jakarta - Tak hanya pencak silat dari Indonesia yang diakui Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO-PBB). Silat dari Malaysia juga diakui UNESCO sebagai warisan budaya takbenda kemanusiaan.

Akun Twitter resmi UNESCO mengabarkan tradisi pencak silat Indonesia masuk dalam daftar warisan budaya takbenda pada Kamis (12/12) pukul 22.06 WIB kemarin. Sejam kemudian, UNESCO juga mengabarkan bahwa silat dari Malaysia juga masuk dalam daftar warisan budaya takbenda.

"Selamat #Malaysia!" cuit UNESCO, menyertakan emoji bendera Malayia dan jabat tangan.



Keputusan itu adalah hasil sidang Ke-14 Komite untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda Antarpemerintah, yang berlangsung di Bogota, Kolombia, 9-14 Desember 2019.

Dijelaskan dalam situs resmi UNESCO, silat adalah seni tempur, beladiri, dan bertahan hidup, berakar di Kepulauan Melayu. Keberadaan pencak silat dapat dilacak hingga awal kerajaan Hindu-Buddha Melayu, yakni Kerajaan Langkasuka (pusatnya kini terletak di Pattani Thailand). Silat berkembang ke arah praktik latihan fisik dan spiritual, mengenakan busana tradisional musik, dan adat Melayu. Banyak gaya Silat yang terinspirasi dari gerakan manusia, alam, dan hewan. Misalnya, Silat Harimau.

"Di Malaysia sendiri, ada lebih dari 150 gaya Silat yang diturunkan dari unsur alam seperti binatang dan tumbuh-tumbuhan," tulis UNESCO.
Selanjutnya
Halaman
1 2