Antisipasi Brexit Stuck Saat Natal, Kendaraan Bisa Dialihkan dari Pejagan

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 12:56 WIB
Foto: Ilustrasi macet di Brexit. (Subastian Basith/detikcom).
Jakarta - Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di gerbang keluar Tol Brebes (Brebes Exit/Brexit) pada musim libur Natal dan Tahun Baru. Rekayasa lalu lintas dilakukan bila kendaraan di ruas Tol Pejagan dan Brebes mengular.

"Mungkin ada penumpukan di Brexit, penumpukan akan terjadi di Pejagan," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono di Auditorium STIK-PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).


Rekayasa yang dimaksud adalah mengalihkan arus kendaraan dari ruas Tol Pejagan agar keluar di Gerbang Tol Cirebon Barat. "Pejagan bila sudah panjang (antrean kendaraan), kami alihkan ke Cirebon Barat," ucap Istiono.

Antisipasi Brexit Stuck Saat Natal, Kendaraan Bisa Dialihkan dari PejaganFoto: Kakorlantas Polri Irjen Istiono. (Imam Suripto/detikcom).

Istiono yakin tak akan terjadi kondisi stuck karena polisi telah menemukan solusi dari ancaman kemacetan. Dia menuturkan jika di lapangan terjadi perlambatan laju kendaraan sepanjang 5 hingga 10 km, maka polisi yang bersiaga di lokasi tersebut harus melakukan pengalihan arus ke gerbang keluar tol terdekat.


"Jadi nggak ada masalah, solusi itu sudah kita semua. Mudah-mudahan jarak rekomendasi antrean itu 5 kilometer, maksimal 10 kilometer lah, itu sudah harus dipotong, dipenggal di gate berikutnya," ujar Istiono.

Sebagaimana diketahui arus mudik libur Lebaran 2016 mengalami kemacetan panjang di jalur Tol Brebes dan Tol Brexit. Pemudik berpuluh-puluh jam terjebak macet.




Pengamanan Nataru 2020, Menko Polhukam Soroti Tiga Hal:

[Gambas:Video 20detik]

(aud/elz)