Pertimbangan Lengkap Hakim Ceraikan UAS-Mellya

Andi Saputra, Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 10:58 WIB
Foto: Screenshot Instagram Ustaz Abdul Somad
Foto: Screenshot Instagram Ustaz Abdul Somad
Jakarta - Pendakwah kondang, Ustad Abdul Somad Batubara atau yang dikenal UAS menyodorkan sejumlah argumen menceraikan istrinya, Mellya Januarti. Atas hal itu, Melly membantah dengan mengajukan sejumlah bukti chat mesra UAS dengan perempuan Malaysia. Jadi siapa yang jadi penyebab cerai tersebut?

Ketua majelis Abdul Rahim dengan anggota Ermisa Yustri dan Syufyan Nasution memberikan pertimbangan soal siapa yang memicu perceraian. Dalam putusan Pengadilan Agama (PA) Bangkinang yang dikutip detikcom, Jumat (13/12/2019), hakim memberikan pertimbangan sebagai berikut:

Mengenai siapa yang menyebabkan perselisihan dan pertengkaran dalam rumah tangga Pemohon (UAS) dan Termohon (Mellya), dalam hal ini majelis juga sependapat dengan Yurisprudensi Mahkamah Agung RI Nomor 38 K/AG/1990 tanggal 5 Oktober 1991 yang mengandung abstraksi hukum bahwa tidak perlu lagi mempertimbangkan siapa yang menyebabkan timbulnya perselisihan tersebut, melainkan ditekankan pada keadaan itu sendiri, apakah telah pecah/retak dan sulit dipertahankan.


Dan jika hakim telah yakin pecahnya hati kedua belah pihak yang berperkara yang menyebabkan pecahnya rumah tangga mereka, maka berarti telah terpenuhi maksud Pasal 19 huruf (f) Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 1975 jo. Pasal 116 huruf (f) Kompilasi Hukum Islam.


Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4