Damkar Bekasi Evakuasi Induk Kobra dari Rumah Warga

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 10:09 WIB
Foto: Penemuan ular kobra di Bekasi (dok. Istimewa)
Foto: Penemuan ular kobra di Bekasi (dok. Istimewa)
Bekasi - Induk ular kobra ditemukan warga di Kampung Poncol Jaya, Jakasampurna, Kota Bekasi. Damkar Bekasi telah mengamankan ular tersebut.

Ular tersebut berada di kediaman Sugandi Yanto (55) di Kampung Poncol Jaya, Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi. Ular tersebut telah diamankan warga di dalam galon.

Setelah mendapat laporan warga, Damkar Bekasi melesat menuju lokasi penemuan ular pada Kamis (12/12) sore.



"Panjang (ular) sekitar 2 meter 10 cm lah. Kalau nyembur bisa 3 meter. Iya itu induk kobra betina, warna hitam," kata Pelaksana Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban, Jumat (13/12/2019).

Mulanya, tim damkar mengeluarkan ular tersebut dari dalam galon. Setelah kepala ular keluar, petugas damkar menjepit leher ular dengan tongkat besi.

Kemudian ular dimasukkan ke dalam karung. "Kita amanin kita bawa ke mako, terus kita kasih ke pecinta reptil (Kota Bekasi)," ujar Eko.



Tidak ada korban luka ataupun korban jiwa dalam peristiwa ini. Eko menduga habitat ular yang telah tergusur oleh pembangunan gedung.

Dia menyarankan warga selalu menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, dia meminta warga melapor ke damkar lewat telepon di nomor (021) 88957805 bila menemukan ular.

"Jadi bila mana menemukan hal-hal baik binatang buas, atau lainya segera hubungi pihak damkar jadi respon kita cepat," tutur Eko.




Petugas Damkar Purwakarta Tangkap 13 Anak Kobra di Rumah Warga:

[Gambas:Video 20detik]



(isa/haf)