Laporan dari Madrid

Bertemu Sekjen PBB di Sela COP25, Indonesia Tegaskan Siap Transisi Energi

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 08:26 WIB
Foto: Wamen LHK dan Sekjen PBB (dok. Sekretariat Delegasi Indonesia)
Foto: Wamen LHK dan Sekjen PBB (dok. Sekretariat Delegasi Indonesia)
Madrid - Delegasi RI bertemu dengan Sekjen PBB Antonio Guterres di sela-sela konferensi perubahan iklim (UNFCCC-COP25). Dalam pertemuan itu, Guterres meminta Indonesia segera melakukan transisi energi, dari konvensional ke terbarukan (renewable). Indonesia pun mengaku siap untuk melakukan transisi.

"Oh siap, sedang menuju ke situ kita," ujar Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong.

Hal itu disampaikan Alue, seusai menemui Guterres di plenary room di ajang Konferensi Perubahan Iklim (UNFCCC-COP25), di Feria de Madrid, Madrid, Spanyol, Kamis (12/12/2019).

"Guterres memberikan semacam semangat untuk Indonesia, bahwa transisi energi dari energi konvensional ke energi yang terbarukan atau renewable energy itu sesuatu yang berpotensial di Indonesia dan teknologi yang murah sebetulnya, sebagaimana di negara yang sudah mengalami transisi dari sumber energi yang konvensional ke sumber daya energi yang terbarukan," jelas

"Beliau menganggap Indonesia sebagai negara yang penting di dalam tataran politik perubahan iklim maupun penanganan iklim global," sambungnya.



Dia mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar terkait energi terbarukan seperti panas bumi. Namun, Indonesia masih butuh investasi untuk bisa memanfaatkan potensi tersebut.

"Saya juga menyampaikan Indonesia punya potensi yang sangat besar terkait dengan energi terbarukan, seperti energi geothermal kemudian juga air, gas, biomass dan sebagainya. Namun demikian kita membutuhkan investasi untuk mengeksploitasi itu," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2