Penjelasan Mendikbud Nadiem soal UN dan USBN yang akan Segera Diganti

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 02:16 WIB
Nadiem Makarim (Foto: Zhacky/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meluruskan informasi terkait penggantian Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) dalam kebijakan Merdeka Belajar. Nadiem mengatakan dua hal tersebut merupakan hal yang berbeda.

"Mohon satu hal untuk penjelasan saja bagi teman-teman di media mohon diklarifikasi bahwa UN dan USBN itu dua hal yang berbeda, itu nggak nyambung sebenarnya. USBN adalah yang sebelumnya itu USBN adalah ujian kelulusan dan UN itu bukan ujian kelulusan, itu ujian nasional. Jadi itu dua hal yang berbeda. Banyak yang mencampur di antara ini dua hal. Jadi mohon diklarifikasi," kata Nadiem di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/12/2019).



Nadiem memastikan USBN tidak akan diberlakukan lagi mulai 2020. Mendikbud Nadiem menyebut USBN nantinya akan diganti dengan ujian sekolah.

"USBN-lah yang tidak ada lagi 2020 dan itu berubah menjadi ujian sekolah. Artinya diselenggarakan 100 persen kedaulatan itu oleh sekolah. Tapi mengikuti standar nasional," kata Nadiem di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/12/2019).




Tonton juga video Jalan Berliku Penghapusan Ujian Nasional:


Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6