Damkar Makassar Evakuasi Sarang Tawon Vespa dari Polda Sulsel

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 23:31 WIB
Tim damkar mengevakuasi sarang tawon dari Polda Sulsel. (Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom)
Tim damkar mengevakuasi sarang tawon dari Polda Sulsel. (Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar - Tim animal rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar mengevakuasi 4 sarang tawon vespa di Polda Sulsel. Tim damkar juga mengevakuasi sarang tawon dari rumah susun Baddoka.

Keberadaan sarang tawon itu diketahui dari laporan warga yang khawatir tersengat tawon vespa. Kepala Bidang Operasi Damkar Makassar Hasanuddin menyebut ada 8 orang tim animal rescue yang dikerahkan.

"Di Mapolda kita amankan 3 sarang tawon, evakuasi berlangsung hingga pukul 22.00 Wita, ketiga sarang tawon tersebut kita bungkus karung dan dibawa ke Mako untuk dimusnahkan," ujar Hasanuddin, Kamis (12/12/2019).


Setelah berhasil mengevakuasi sarang tawon di Polda Sulsel, petugas melanjutkan perjalanan menuju kompleks rumah susun Baddoka. Petugas, yang menggunakan pakaian khusus, langsung mengamankan sarang tawon dari pohon yang ada di kawasan rusun Baddoka.

"Proses evakuasi sarang tawon di rusun tuntas sekitar pukul 22.30 Wita, petugas langsung kembali standby di Mako Damkar," tutur Hasanuddin.

Selama dua pekan terakhir ini, terjadi peningkatan laporan masyarakat terkait potensi gangguan satwa. Selain laporan tawon yang jumlahnya puluhan kasus, tim animal rescue Damkar juga berhasil menangani 2 laporan ular sanca sepanjang 4 meter di wilayah perumahan warga. (mna/haf)