Tak Ditemukan Lagi, Pencarian Kobra di Citayam Dihentikan Hari Ini

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 19:21 WIB
Ular Kobra di Citayam (Sachril Agustin/detikcom)
Bogor - Pencarian ular kobra di Perumahan Royal Citayam, Desa Susukan, Bojonggede, Kabupaten Bogor, dihentikan hari ini. Pjs Kades Susukan Bojonggede Sanan Wijaya mengatakan situasi di perumahan itu sudah kondusif lantaran tak ada lagi ular kobra yang ditemukan saat dilakukan pencarian.

"Kita tegaskan ke masyarakat bahwa saat ini kita bisa beraktivitas lagi seperti biasa," kata Sanan di Perumahan Royal Citayam, Desa Susukan, Bojonggede, Bogor, Kamis (12/12/2019).


Sanan menjelaskan, warga tidak perlu khawatir jika menemukan suatu jenis ular karena penyuluhan dan posko pengaduan sudah siapkan untuk warga. Jika ditemukan adanya ular, kata Sanan, warga bisa melapor ke tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, atau ke komunitas Animal Rescue.

Pjs Kades Susukan Bojonggede Sanan WijayaPjs Kades Susukan Bojonggede Sanan Wijaya (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Sanan pun menerangkan total ular kobra yang telah ditemukan ketika dilakukan pencarian ada 34 ekor. Jumlah ini, kata dia, adalah angka terakhir saat pencarian dilakukan pada Rabu (11/12) kemarin.

"Tidak ada. Hari ini alhamdulillah tidak ada (penemuan ular kobra baru)," ujar Sanan.


Terpantau dari hasil pencarian ular kobra yang dilakukan hari ini di Perumahan Royal Citayam, tidak ditemukan lagi ular kobra saat pencarian di saluran air, puing-puing, atau rumah kosong. Pencarian pun dihentikan.

Warga Perumahan Royal Citayam sore tadi juga berkumpul di musala serta diberi penyuluhan oleh Sanan dan komunitas Reptil Action. Nomor pengaduan yang bisa dihubungi warga untuk melaporkan penemuan ular juga tertera di papan tulis putih yang terpasang di musala setempat. (azr/azr)