Ujian Nasional Diganti, Siswa SMA: Belajar Jadi Tanpa Tekanan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 19:17 WIB
Foto: Ilustrasi siswa SMA saat melaksanakan UN (Antara Foto)
Foto: Ilustrasi siswa SMA saat melaksanakan UN (Antara Foto)
Jakarta - Mendikbud Nadiem Makarim akan mengganti ujian nasional (UN) menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai 2021. Siswa SMA menilai kebijakan ini membuatnya tekanannya berkurang.

Jeremy, siswa kelas XI dari salah satu SMA di Kalideres, Jakarta Barat, mengatakan digantinya UN membuat tekanannya berkurang. Bahkan, menurutnya, kebijakan ini juga membuat tekanan bagi guru berkurang.

"Dengan dihapusnya UN ini, tentu tekanan kepada kami sebagai pelajar berkurang, begitu pun dengan para guru," kata Jeremy kepada detikcom, Kamis (12/12/2019).


Selain itu, Jeremy menyebut versi baru dari UN ini juga takkan menghilangkan semangat belajarnya. Justru, lanjut dia, kebijakan ini akan membuatnya lebih bebas untuk belajar.

"Enggak sama sekali (kehilangan semangat belajar). Justru, dengan dihapusnya UN ini, saya merasa lebih bebas untuk belajar tanpa ada tekanan, misalnya 'ini bakal masuk UN, wajib kamu hafal mati', dan lain-lain. Saya masih akan tetap belajar dengan rajin, justru semakin terpacu untuk mengexplore berbagai ilmu atau materi lain," tuturnya.

Simak Video "Tolak Penghapusan UN, JK: Jangan Samakan dengan Negara Lain"


Selanjutnya
Halaman
1 2