Siapkan Beasiswa bagi Banser yang Dicap 'Kafir', PBNU: Bisa untuk Keluarga

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 18:21 WIB
Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini (Jefry Nandy/detikcom)
Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan apresiasi kepada anggota Banser yang dipersekusi dan dicap kafir di Jakarta Selatan. Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini merasa kagum karena anggota Banser itu tetap tenang dan sabar meski dicaci maki.

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anggota Banser, Saudara Eko bersama kawannya yang telah menunjukkan bahwa, pertama, dia tidak emosional," kata Helmy di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

Helmy mengaku PBNU telah menyiapkan beasiswa pendidikan bagi anggota Banser tersebut. Menurutnya, hal ini adalah bentuk penghargaan atas sikap yang bijak yang ditunjukkan anggota Banser itu.


"Saya sudah berkomunikasi dengan teman-teman LAZISNU dan insyallah disiapkan bantuan sebagai bagian dari penghargaan kita. Mungkin dalam bentuk beasiswa pendidikan yang bisa digunakan oleh keluarganya atau pun bantuan-bantuan lain. Jadi kita teman-teman LAZISNU sudah menyiapkan itu," ucap Helmy.

Dia selanjutnya menyampaikan PBNU secara terbuka mempersilahkan bila ada masyarakat yang ingin ikut memberikan apresiasi kepada anggota Banser penyabar tersebut. Helmy mengatakan tidak semua orang dapat menahan emosi dalam kondisi seperti itu.

"Saya kira kita dengan tangan terbuka. Artinya silahkan kalau ada yang ingin menyampaikan apresiasi. Karena memang kalau melihat video itu miris ya. Sekaligus kita juga salut terhadap (Banser) NU. Mungkin kalau kejadiannya menimpa diri kita, kita nggak bisa sesabar itu," tuturnya.


Sebelumnya, viral video yang memperlihatkan dua anggota Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) dipersekusi seseorang hingga dicap kafir gegara menolak dipaksa mengucapkan takbir. Dalam video tersebut, pelaku juga memaki anggota Banser ini dengan sebutan binatang.

Pihak kepolisian mengaku telah berhasil menangkap pelaku persekusi yang memaki dan mencap 'kafir' ke anggota Banser di Jakarta Selatan tersebut. Pihak kepolisian mengatakan akan segera menjelaskan mengenai penangkapan pelaku ini.

"Iya betul (sudah ditangkap). Nanti habis magrib ada press release," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnawa saat dikonfirmasi, Kamis (12/11). (jef/elz)