Kemdikbud soal PAUD-TK Mahal: Itu Kelompok Kecil, Banyak yang Gratis

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 16:27 WIB
Ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta - Beredarnya daftar biaya masuk pendidikan anak usia dini (PAUD) atau taman kanak-kanak (TK) di Jakarta tahun 2020 yang mahalnya selangit sedang ramai dibahas masyarakat, terutama para orang tua. Tapi tidak semua PAUD mahal lho. Ternyata, ada juga PAUD dan TK yang murah, bahkan gratis.

"Bukan ada (PAUD yang murah) lagi, banyak. Malah sebagian besar. Ada 230.000 lebih lembaga PAUD ya dan itu mayoritas itu sangat sangat affordable, sangat murah dan bahkan banyak yang gratis," kata Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Harris Iskandar saat berbincang dengan detikcom, Kamis (12/12/2019).


Harris mengatakan PAUD yang biayanya mencapai puluhan juta rupiah di Jakarta hanya sebagian kecil dari jumlah PAUD yang ada. Saat ini, 98 persen lembaga PAUD yang ada di Indonesia milik swasta.

"(Sekitar) 98 persen lembaga PAUD itu swasta, cuma yang dilihatnya cuma swasta yang mahal di Jakarta ya. Itu (PAUD mahal) kelompok kecil sekali," ujar Harris.

Saat ini, ada sekitar 230.000 PAUD di seluruh Indonesia. Menurutnya, PAUD-PAUD ini tidak semahal PAUD yang ramai diperbincangkan saat ini.

"Ada 230.000 lembaga PAUD dari mulai kelompok bermain kemudian TK, ada juga satuan pendidikan sejenis, macam-macam itu ya. Itu mereka rata-rata sih untuk kelompok tidak seperti yang kita bicarakan saat ini, seperti (PAUD mahal) di Jakarta ini," ucap Harris.


Simak Video "Yuk! Tanamkan Toleransi Seperti Siswa TK di Madiun Ini"