3 Nama Calon Hakim Konstitusi Disetor ke Jokowi Pekan Depan

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 15:43 WIB
Tes kesehatan calon hakim konstitusi (dita/detikcom)
Jakarta - Sesi wawancara 8 calon hakim konstitusi selesai. Panitia seleksi calon hakim konstitusi akan merekapitulasi hasil yang didapat dari sesi wawancara dengan tes terkait lainnya.

"Tentu saja akan kita kumpulkan nilai-nilai dari wawancara. Itu seluruhnya akan kita perlu waktu. Kita akan sidang menentukan hasilnya kan masih ada juga tes kesehatan yang juga akan kita pertimbangkan," kata Ketua Pansel Hakim MK Harjono, di Gedung Kemensetneg, Jl Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

Harjono mengatakan penilaian itu tidak datang dari hasil tes wawancara ataupun kesehatan saja. Ada pertimbangan lain misalnya mengenai dari rekam jejak yang dikumpulkan lembaga terkait.

"Kita masih tunggu hasil dari track record belum dan dari kesehatan belum. Ada juga data dari PPATK dan KPK dan dari kejaksaan. Cuma itu confidential, kita nggak bisa buka," katanya.

Dari data-data itu kemudian diakumulasikan lalu diambil berdasarkan peringkat. Pansel akam mengirimkam tiga nama ke presiden Joko Widodo pada 18 Desember 2019.

"Kita ambil berdasarkan ratimg teratas nanti. Tanggal 18 Desember ini sudah diserahkan ke presiden," ujar Harjono.


Simak Video "Palguna Akan Pensiun, Pansel Cari Pendaftar Hakim MK Baru"

[Gambas:Video 20detik]