Gibran Resmi Daftar Penjaringan Pilkada PDIP, Puan: Harus Ikuti Proses

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 15:15 WIB
Foto: Puan Maharani. (Rolando/detikcom).
Jakarta - Gibran Rakabuming Raka resmi mengikuti penjaringan bakal calon Wali Kota Solo lewat PDIP. Ketua DPP Bidang Polhukam PDIP Puan Maharani menegaskan hal tersebut merupakan hak politik setiap individu.

"Inikan hak politik individu dan hak politik dari Gibran untuk bisa maju menjadi salah satu calon wali kota yang ada di Solo. Jadi ya selama itu mengikuti mekanisme internal yang ada di PDIP ya kita persilakan yang bersangkutan mengikuti mekanisme yang ada di PDIP," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Ketika ditanyakan apakah ada perhatian khusus dari Ketum PDIP Megawati Soerkarnoputri terkait pendaftaran Gibran, Ketua DPR ini mengatakan mekanisme internal PDIP berjalan normatif. Artinya, kata Puan, Girban harus mengikuti seluruh mekanisme PDIP.


"Mekanisme kita minta dilakukan secara normatif, artinya harus ikut semua proses yang ada di internal yang kita lihat lagi bagaimana nantinya. Yang penting harus daftar dulu karena kalau nggak daftar nggak bisa ikut proses," ujar putri Megawati tersebut.

Puan sendiri belum mengetahui berapa jumlah orang sudah mendaftar ke DPD PDIP Jateng untuk maju Pilwalkot Solo. Dia mengatakan pendaftaran baru saja dibuka untuk seluruh wilayah Jateng.

"Ini kan baru dibuka, saya dapat laporan hari ini baru dibuka di DPD Jateng, belum tahu ada berapa calon. Tapi ini kan terbuka untuk semua Jateng bukan hanya Solo," imbuh Puan.


Simak Video "Gibran Daftar Berbaju PDIP, Dinyatakan Sah Jadi Bakal Cawalkot Solo"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2