Pembahasan APBD Selesai, PKS Harap Wagub DKI Dipilih Akhir Tahun

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 15:02 WIB
DPRD DKI Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
DPRD DKI Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Meski harus menunggu evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelum APBD 2020 ditetapkan, pembahasan anggaran di DPRD DKI Jakarta telah selesai. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berharap agar wakil gubernur dipilih akhir tahun.

"Kita harap pokoknya akhir tahun (2019) diagendakan, tapi pimpinan Dewan minta Januari 2020. Pak Pras (Ketua DPRD DKI Jakarta) kemarin sampaikan Januari bisa diagendakan," ucap Ketua Fraksi PKS Mohammad Arifin saat dihubungi, Kamis (12/12/2019).


Sebelum melanjutkan proses pemilihan, Dewan harus menerapkan Tata Tertib DPRD DKI Jakarta. Dalam tata tertib itu, masuk pasal soal pemilihan wakil gubernur.

"Sebulan setelah dilantik sudah selesaikan tatib tapi belum ditetapkan oleh pimpinan Dewan sekaligus diparipurnakan. Setelah itu, lanjut agenda pemilihan wagub," ucap Arifin.


Fraksi PKS masih tetap berpegang pada nama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu, yang sudah masuk ke Dewan. Empat calon yang diajukan oleh Partai Gerindra kepada DPP PKS belum diputuskan.

"Nama dua sudah masuk DPRD. Sebelum ada perubahan masih dua itu. Usulan dari Gerindra masih dipelajari sama DPP dan bilang, nama tersebut bisa kita tolak semuanya, atau kita terima salah satunya," ucap Arifin.

Namun, Arifin menyebut bisa saja ada perubahan dalam proses pemilihan pengganti Sandiaga Uno itu. "Tidak mustahil (ada perubahan), dalam politik apa sih yang mustahil," ucap Arifin. (aik/gbr)