Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 14:00 WIB
Jokowi meresmikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jokowi meresmikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang 30 persen.

"Semoga bisa urai kemacetan dan kemacetan yang sering dirasakan selama terjebak berjam-jam bisa kita hindari, kemacetan berkurang sekitar 30 persen," kata Jokowi di lokasi peresmian, Km 38 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (12/12/2019).

Resmikan Tol Japek Layang, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 PersenJokowi meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek. (Andhika Prasetia/detikcom)

Jalan Tol Layang Japek berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek existing, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).


Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sedangkan kendaraan tujuan jarak jauh, terutama golongan I dan II, menggunakan Tol Japek II.

Jokowi mengatakan proses pengerjaan jalan tol tidak mudah karena berada di tengah keramaian. Ia juga sering mendengar keluhan macet.


"Banyak keluhan masuk saya kalau sudah lewat Cikampek-Jakarta atau sebaliknya macetnya bisa berjam-jam," ujar Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dalam acara peresmian ini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Selain itu, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.


Simak Video "Tol Layang Japek 38 Km Tanpa Exit, Bagaimana Jika Ada Kecelakaan?"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/elz)