Sungai Kampar Riau Meluap, 200 Rumah Tergenang Banjir

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 14:00 WIB
Petugas menangani banjir akibat meluapnya Sungai Kampar Riau yang menyebabkan 200 rumah tergenang banjir (Dok. Istimewa)
Pekanbaru - Curah hujan di Riau masih cukup tinggi. Kondisi ini membuat di Kecamatan Gunung Sahilan di Kabupaten Kampar dilanda banjir. Tim SAR Polres setempat diterjunkan ke lokasi.

"Ada dua desa yang kini dilanda banjir, Desa Gunung Sahilan dan Desa Sahilan Darussalam. Kawasan ini setiap tahunnya selalu dilanda banjir setiap puncak musim penghujan," kata Kapolres Kampar Mohammad Kholid kepada detikcom, Kamis (12/12/2019).


Desa yang dilanda banjir ini, sambung Kholid, berada di bantaran Sungai Kampar. Ada sekitar 200 rumah penduduk di kedua desa yang kini tergenang dari luapan Sungai Kampar. Sebagian rumah lainnya yang berada di ketinggian tidak terkena banjir.

"Sebagian warga yang rumahnya terkena banjir kini mengungsi ke rumah sanak familinya yang rumahnya tidak terkena banjir," kata Kholid.

Kholid mengatakan personel Polres Kampar berjaga di lokasi banjir untuk mencegah terjadinya terjadinya kasus kriminal. Personel juga memiliki kemampuan SAR dan dilengkapi sejumlah peralatan yang dibutuhkan di lokasi.


"Dari Polda Riau mengirim 4 personel Polair berserta peralatan perahu karet mereka bergabung dengan tim Polres Kampar," kata Kholid.

Selain itu, tim BPBD Pemkab Kampar juga diterjunkan ke lokasi banjir. Pihak BPBD Kampar saat ini telah membuka dapur umum untuk masyarakat korban banjir.

"Dari pantauan kita di lapangan situasi di lokasi banjir cukup aman hingga saat ini belum ada korban jiwa. Fasilitas umum seperti sekolah masih aman. Belum ada meliburkan siswa," tutup Kholid.
Halaman

(cha/jbr)