MenPAN-RB Ingin Hapus Pola Pikir PNS Monoton untuk Bangun Inovasi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 13:24 WIB
Tjahjo Kumolo (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Tjahjo Kumolo (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - MenPAN-RB Tjahjo Kumolo bertemu Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di kantor Wapres, Jakarta. Tjahjo menyebut pertemuan itu untuk melaporkan persiapan menyikapi arahan visi-misi dan skala prioritas dalam membangun pengelolaan pemerintah.

Tjahjo mengatakan pengelolaan pemerintah pusat dan daerah harus bersih, berwibawa, dan terpercaya dalam membangun tata kelola pemerintah. Menurutnya, tata kelola pemerintah itu harus memiliki kecepatan melayani dalam memberikan izin.

"Kemudian menghapus pola pikir ASN yang linear, yang monoton, jangan terjebak pada zona nyaman, jangan terjebak pada rutinitas, tapi harus membangun inovasi kompetisi dan hal-hal yang sifatnya menjadi lebih efektif-efisien dan cepat," ujar Tjahjo di kantor Wapres, Jl Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).



Tjahjo menuturkan ASN harus berperan dalam pembangunan tata kelola pemerintah yang lebih baik. Tjahjo menyebut ASN ke depan harus maksimal dalam memberikan pelayanan dan izin yang cepat.

"Jadi arahan Pak Wapres tadi sebagaimana visi-misi ini bagaimana ASN itu supaya ada kecepatan melayani, kecepatan memberikan izin. Perizinan investasi yang cepat dan maksimal," katanya.
Halaman

(fas/rvk)