Jelang Puncak Arus Libur Natal, Polri: Tol dari Jakarta-Jawa Timur Sudah Siap

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 12:33 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Istiono (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Puncak arus libur Natal diprediksi terjadi pada 21-22 Desember. Kakorlantas Polri Irjen Istiono memastikan jalan tol dan tol layang dari Jakarta hingga Jawa Timur sudah siap dilalui.

"Puncak kepadatannya untuk Natal tanggal 21, 22 (Desember 2019). Untuk tahun baru tanggal 28, 29 (Desember 2019)," kata Istiono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/12/2019).

Istiono dan jajaran Korlantas Polri telah meninjau jalur tol ataupun arteri Jakarta hingga Jawa Timur. Dia menyimpulkan kondisi jalan, khususnya tol, dalam status siap digunakan.


"Kemudian kemarin saya juga tinjau lapangan, dari Jakarta-Jawa Barat-Jawa Tengah-Jawa Timur. Semua kondisi jalan khususnya tol sudah siap, ready, elevated-nya, rest area-nya, semua sudah di-manage para Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) dengan baik," jelas Istiono.

Dia menambahkan para Dirlantas juga sudah memperhitungkan kemungkinan kepadatan kendaraan di tempat istirahat. Polri juga sudah memetakan titik-titik rawan kecelakaan.


"Termasuk luas rest area dan titik rawan-rawan macet, kecelakaan. Kemudian di arteri pun kami sudah lakukan persiapan, titik-titik krusialnya juga sudah kami kelola dengan baik, termasuk lintasan," terang Istiono.

"Lintasan kereta api, pasar-pasar tumpah, termasuk daerah wisata, daerah pelabuhan juga kita kelola dengan bagus baik laut maupun udara. Kalau daerah wisata pasti Puncak, Bogor, itu jadi tujuan utama," kata dia. (aan/rvk)