Kemendes Beri Bantuan Stimulan ke BUMDes, PAUD & Pesantren Bulungan

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 12:23 WIB
Foto: Kemendes PDTT
Jakarta - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) memberikan bantuan stimulan kepada 15 BUMDes, 2 PAUD dan sarana prasarana rumah ibadah bagi Pondok Pesantren, di Desa Gunung Sari, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Bantuan yang diberikan masing-masing senilai Rp 50 juta di lokus kunjungan kerja Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar.

Bantuan BUMDes tersebut berasal dari Direktorat Pengembangan Usaha Ekonomi Desa (PUED), Ditjen PPMD, sedangkan bantuan PAUD dan sarana prasarana rumah ibadah Pondok Pesantren berasal dari Ditjen PKTrans, Kemendes PDTT.

"Bantuan ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan kepada masing-masing pihak agar lebih cepat berkembang guna meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat," ucap Halim dalam keterangan tertulis, Kamis (12/12/2019).


Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendes PDTT, H.M. Nurdin, menyampaikan pesan menteri agar pihak-pihak yang mendapat bantuan dari Kemendes dapat memanfaatkannya dengan baik.

"Bantuan tersebut berupa stimulan untuk lebih mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Selain itu, lanjut Nurdin, Dana Desa yang telah digelontorkan selama 5 tahun, ke depan diharapkan meningkat dari sisi kualitas penggunaannya sesuai Permendes Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020.

"Baik dalam konteks pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltara, H. Udin Hianggio mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan tersebut dapat mendorong peningkatan SDM masyarakat, baik aspek kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan yang menjadi motor penggerak revolusi mental.

"Sebab, ketiga hal tersebut menjadi kunci keberhasilan pembangunan di Provinsi Kalimantan Utara," terangnya


Sedangkan Bupati Bulungan, Sudjati menyampaikan apresiasi kepada Kemendes PDTT yang telah mengawal penggunaan Dana Desa melalui Pendamping Desa.

"Pendamping Desa telah memberi kontribusi signifikan kepada pengembangan SDM melalui fasilitasi berbagai pelatihan dan Lembaga Pengembangan Masyarakat Desa," ujarnya. (akn/ega)