Masyarakat Balongan Indramayu Olah Ikan Jadi Makanan Bergizi

Moch Prima Fauzi - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 20:48 WIB
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta - Balongan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Indramayu, dengan luas wilayah mencapai lebih dari 500 hektare. Di sinilah berdiri Integrated Fuel Terminal (IFT/Terminal BBM) Balongan, salah satu unit operasi PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III, yang bergerak dalam distribusi penyaluran BBM.

Sebagai tempatnya beroperasi, IFT Balongan memiliki perhatian pada masyarakat sekitar terutama yang berada di ring 1 atau area terdekat dengan perusahaan. Salah satunya adalah program pengembangan kelompok masyarakat OMSET Balongan atau Olahan Makanan Sehat di wilayah Balongan. Makanan diolah dari bahan dasar ikan yang memiliki kandungan gizi dan protein tinggi.


Kelompok ini dibentuk Pertamina sebagai aksi masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan di wilayah Balongan. Pasalnya, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, hampir 30% dari total jumlah balita yang ada di Kabupaten Indramayu menderita stunting, atau hambatan pertumbuhan balita karena gizi kurang, termasuk balita dari Desa Balongan.

"Kami bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat serta Kelompok Usaha OMSET Balongan sehingga balita dapat mengonsumsi makanan sehat dan bergizi," jelas Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami dalam keterangan tertulis, Rabu (11/12/2019).


Dari OMSET Balongan, olahan makanan sehat berbahan dasar ikan diolah menjadi berbagai macam varian, sehingga menarik dikonsumsi bagi balita dan anak-anak untuk menambah nafsu makan dan nilai gizinya. Pangan dari ikan tenggiri, misalnya, diolah menjadi nugget, bakso, siomay dan pempek.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan bisa mengurangi stunting pada anak dan balita. Menu olahan makanan sehat dari ikan yang diolah dengan baik, dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di Desa Balongan," jelasnya. (prf/ega)