Polisi Kantongi Identitas Pelaku Persekusi 2 Anggota Banser

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 17:51 WIB
Foto: Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Bastoni Purnawa (Lisye-detikcom)
Jakarta - Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnawa mengatakan pihaknya telah mengantongi identitas pelaku persekusi dua anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang memaki dan mencap 'kafir'. Pelaku berinisial H itu saat ini tengah diburu polisi.

"Pelaku sudah kita ketahui wajahnya, alamatnya, kemudian inisialnya. Sementara kita melakukan mencari pelaku untuk diambil keterangannya," kata Bastoni di Mapolres Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).


Bastoni mengatakan pelaku persekusi tersebut hanya satu orang. Pelaku diketahui berdomisili di Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

"Pelaku untuk sementara satu (orang), inisialnya H. Domisilinya Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Sekarang proses pencarian," imbuhnya.

Bastoni belum menjelaskan apakah pelaku terikat sebuah organisasi seperti yang disebutkan pelaku dalam video. Bastoni menyebut polisi masih mencari pelaku untuk dimintai keterangan.

"Belum dipastikan (terlibat organisasi), kalau dari video kan dia menyebutkan salah satu, kita belum tahu persis karena kita belum menemukan pelaku dan belum kita meminta keterangannya. Saya pikir itu oknum dari satu kelompok, tapi oknum," ungkapnya.



Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari saksi, Bastoni mengatakan pelaku tidak membawa senjata tajam. Dia menambahkan bahwa pelaku hanya melontarkan kata-kata kasar dan intimidasi.

"Kalau keterangan dari saksi-saksi pelaku tidak membawa senjata tajam, cuma dengan kata-kata yang menurut korban itu sifatnya ancaman dan intimidasi," kata dia. (lir/imk)