Desain Baru Stadion Mattoanging Terinspirasi Kapal Pinisi-Tenun Bugis

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 17:22 WIB
Desain Baru Stadion Mattoanging (Foto: Istimewa)
Desain Baru Stadion Mattoanging (Foto: Istimewa)
Makassar - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah mempublikasikan gambaran desain awal renovasi Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging. Renovasi bangunan Mattoanging terinspirasi dari kapal pinisi dan kain tenun yang menjadi identitas masyarakat Bugis-Makassar.

Dari catatan preliminary design (desain awal) yang diterima detikcom dari Biro Humas Pemprov Sulsel, Rabu (11/12/2019), digambarkan bagaimana desain awal Mattoanging yang terinspirasi dari kapal pinisi dan kain tenun bugis.


Desain Baru Stadion MattoangingDesain Baru Stadion Mattoanging (Foto: Istimewa)


Nama Mattoanging berasal dari dua kata bahasa Makassar, yaitu, mattoa yang berarti melirik dan anging yang berarti angin. Nama Mattoanging digunakan karena lokasi di sekitar stadion merupakan lokasi tempat berlabuhnya kapal pinisi, yang awaknya banyak memperhatikan arah angin.

Stadion dengan kapasitas 15.000 penonton ini didirikan pada tahun 1955 silam. Pada tahun 1957 stadion ini sempat digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional. Stadion ini kemudian dijadikan sebagai markas klub kebanggaan masyarakat Makassar, PSM Makassar.


Desain Baru Stadion MattoangingDesain Baru Stadion Mattoanging (Foto: Istimewa)

Selanjutnya
Halaman
1 2