Bodycam di Seragam Polantas Polda Metro Bisa Live Streaming-Merekam 20 Jam

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 17:13 WIB
Bodycam akan dipasang di seragam polantas Polda Metro Jaya. (Wildan/detikcom)
Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menyiapkan 100 unit bodycam untuk ditempelkan di seragam anggota Patroli Jalan Raya (PJR) pada 2020. Begini spesifikasi kamera bodycam itu.

Kasatgas E-TLE Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazrulrahman mengatakan saat ini baru ada 16 kamera yang akan digunakan oleh anggota PJR. Pada 2020, dia menyebut akan ada 100 unit bodycam.

"Mulai Minggu depan bodycam ini kita distribusikan. Rencana hari Jumat kita latihkan, ada 16 kamera yang akan kita bagikan kepada 7 induk petugas PJR sementara. Yang kita sebar ada 16 ini digunakan petugas PJR, awal tahun 100," kata Arif di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Bodycam ini memiliki beberapa fungsi. Kamera ini bisa merekam hingga 20 jam dan bisa melakukan live streaming dengan petugas yang ada di kantor TMC Polda Metro Jaya.

"Kelebihan lain dari bodycam ini selain dia bisa streaming live saat diperlukan, kapasitas baterai 8 jam nonstop. Di dalam situ juga ada memori 32 GB itu diasumsikan bisa merekam nonstop 20 jam," ungkap Arif.


Arif mengatakan kamera ini bisa digunakan untuk berkomunikasi antara petugas di lapangan yang menggunakan bodycam dan petugas yang berada di kantor. Kamera ini juga dilengkapi tombol panic button dan GPS.

"Dalam bodycam ini ada fitur panic button. Sehingga dalam posisi darurat petugas akan menekan tombol itu nanti dalam TMC akan terinfokan di mana dan koordinat mana dalam kondisi emergency karena ada GPS. Kalau dipencet panic button alarm kita bunyi," jelas Arif.


Tonton juga PMJ Berkoordinasi dengan Bea Cukai Usut Penyeludupan Harley :

Selanjutnya
Halaman
1 2