Jokowi: Tumpang-Tindih Agenda Riset Boros Anggaran, Segera Akhiri!

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 16:55 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetya/detikcom)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan efektivitas anggaran riset yang berorientasi memberikan dampak nyata. Jokowi meminta tumpang-tindih agenda segera diakhiri karena memboroskan anggaran.

"Konsentrasi kita bukan hanya pada upaya memperbesar anggaran riset saja, tapi bagaimana membuat anggaran riset menjadi efektif memberikan hasil yang nyata, memberikan manfaat yang nyata. Tumpang-tindih agenda riset yang menyebabkan pemborosan anggaran harus segera kita akhiri," ujar Jokowi saat rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).


Untuk itu, agenda riset diharapkan Jokowi memberikan dampak signifikan. Dengan riset, Jokowi mendorong Indonesia keluar dari negara middle income trap menjadi negara maju.

"Kita harus pilih agenda riset yang paling diprioritaskan, yang disepakati akan memberikan dampak signifikan kepada kemajuan negara kita," katanya.


Sebab, salah satu kunci majunya negara adalah investasi di bidang riset dan inovasi. Jokowi mencontohkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), internet of things (IoT), hingga big data yang merupakan bentuk inovasi.

"Salah satu kunci agar negara dapat melompat jadi negara yang maju adalah melakukan investasi di bidang riset dan di bidang inovasi. Karena melalui riset dan inovasi dapat dilahirkan gagasan-gagasan inovatif yang terkoneksi dengan dunia usaha, dengan dunia industri yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan pada akhirnya meningkatkan daya saing ekonomi nasional," paparnya.


Tonton juga Jokowi Minta Warga Ikut 'Pelototi' Dana Desa :

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(dkp/jbr)