Banser Dicap 'Kafir', PKB: Takbir Dipaksakan Tanda Tak Paham Esensi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 16:11 WIB
Video viral anggota Banser NU dipersekusi seorang pria. (Screenshot Video)
Video viral anggota Banser NU dipersekusi seorang pria. (Screenshot Video)
Jakarta - Video dua anggota Barisan Serba Guna (Banser) Nahdlatul Ulama yang tetap tenang dan tak terprovokasi meski dicaci dan dicap kafir karena menolak dipaksa mengucapkan takbir viral di media sosial. Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanulhaq bangga terhadap sikap yang ditunjukkan anggota Banser tersebut.

"Saya bangga dengan apa yang dilakukan sahabat Eko, anggota Banser dari Kota Depok, yang menunjukkan karakter seorang santri. Dia tidak emosional, tetapi punya argumen kuat bagaimana prinsip orang dari berislam. Seorang yang bersyahadat itu cukup menjadi seorang Islam. Dan dia akan tunjukkan Islamnya itu dengan nilai kesabaran, kebaikan, dan menjaga nilai kebersamaan," kata Maman kepada wartawan, Rabu (11/12/2019).

Dia mengatakan, lewat video tersebut, Eko telah menunjukkan jati diri seorang Banser. Maman, yang juga kader NU, mengatakan Banser akan terus menjaga nilai-nilai Islam yang ramah, toleran, cinta damai, dan membangun peradaban.


Anggota Komisi VIII DPR RI ini mengatakan Banser ada untuk menjaga nilai-nilai keindonesiaan karena Banser, yang juga berinduk kepada NU, mempunyai komitmen bahwa mencintai Tanah Air adalah bagian dari keimanan.

"Oleh sebab itu, inilah yang telah diajarkan sahabat Banser bahwa kita tidak pernah melarang pengajian, karena beribu-ribu pengajian justru dikawal, dilayani, disukseskan Banser. Tapi Banser tak akan membiarkan bila ada orang yang mengotori pengajian dengan caci maki, dengan provokasi yang merugikan. Banser akan selalu terdepan dalam menjaga nilai Islam dan keindonesiaan," ungkapnya.

Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Maman ImanulhaqSekretaris Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanulhaq (Muhammad Ridho/detikcom)

Maman mengatakan tindakan pria yang mempersekusi anggota Banser tersebut menunjukkan tak paham nilai takbir. Dia mengatakan pengucapan takbir bukan karena dipaksa seperti yang terjadi dalam video tersebut.


Tonton juga Viral! Video Banser Dicap 'Kafir' Gegara Tak Ucap Takbir :


Selanjutnya
Halaman
1 2