ADVERTISEMENT

Muhadjir Dukung Nadiem Benahi Sistem Pendidikan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 15:16 WIB
Muhadjir dan Nadiem saat sertijab (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menggulirkan 4 perubahan kebijakan yang dia sebut sebagai 'Merdeka Belajar'. Keputusan Nadiem itu didukung oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

"Saya ingin menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kebijakan strategis. Tadi mas mendikbud sudah menyampaikan, pada prinsipnya saya sangat mendukung," kata Muhadjir di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).


Muhadjir menuturkan sebagai menteri baru, Nadiem memang harus membenahi kebijakan menteri sebelumnya. Seperti diketahui, Muhadjir merupakan Mendikbud sebelum Nadiem.

"Jadi tugas menteri yang baru itu memang mesti membenahi apa yang dibenahi sebelumnya. Itu pasti. Kalau ada menteri baru tapi kok tak ada perubahan, apa artinya," ujar Muhadjir.



Dia menceritakan pengalamannya saat awal menjadi menteri. Menurut Muhadjir, mengambil kebijakan adalah soal pilihan dan tidak ada nilai benar atau salah dalam sebuah kebijakan.

"Saya juga dulu waktu jadi menteri melihat, mana masalah-masalah yang harus kita benahi. Kenapa begitu? Karena ini berkaitan dengan kebijakan. Kebijakan ini adalah soal pilihan. Jadi tidak ada kebijakan itu bener salah, nggak ada," kata Muhadjir.

"Tidak ada kebijakan itu sempurna tuh tidak ada. Dan ketika kebijakan itu sudah berjalan sangat panjang, pasti ada namanya elevasi dan deviasi," lanjutnya.



Mendikbud Nadiem Sebut UN 2020 Jadi yang Terakhir, Ini Gantinya:


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT