PPP Bersiap Gelar Muktamar, Ini 5 Kandidat Caketum

Zunita Amalia Putri - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 15:14 WIB
Foto: PPP akan gelar Mukernas untuk bahas soal Muktamar. (Zunita Amalia Putri/detikcom).
Jakarta - PPP akan menggelar Muktamar untuk penentuan Ketua Umum baru yang akan memimpin PPP selama lima tahun ke depan. Ada beberapa kandidat caketum yang sudah mulai muncul.

"Saat ini kita persiapan mukernas di tengah hasil persiapan itu ada aspirasi dari kader daerah dari DPC yang punya kans maju punya peluang ini berdasar informasi grup WhatsApp atau diskusi langsung," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek) di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).

Berikut 5 orang Caketum PPP atas aspirasi DPC PPP yang disebut Awiek:

1. Plt Ketum Suharso Monoarfa
2. Waketum Mardiyono,
3. Sekjen Arsul Sani,
4. Waketum Pertimbangan Ahmad Muqowwa
5. Waketum sekaligus Ketua Fraksi PPP DPR Amir Uskara.


Awiek menyebut nantinya teknis pemilihan Ketum ini diusahakan berdasarkan musyawarah mufakat. Namun jika melalui musyawarah tidak mencapai kata sepakat, maka pemilihan akan dilanjutkan dengan cara votting.

"Apabila itu (musyawarah mufakat) tidak tercapai, maka dilakukan dengan pemungutan suara terbanyak. Terus ada juga mekanisme formatum. Ada tiga pilihan yang bisa dilakukan pemilihan ketua umum, itu kita serahkan kepada muktamarin pada saatnya ketika pelaksanaan Muktamar," kata Awiek.

Awiek mengaku PPP bisa mengatasi perbedaan pendapat di antara kubu caketum. Dia menyebut kemungkinan pecah kubu itu tidak akan ada lagi karena lima caketum ini sama-sama di kepengurusan PPP.

"Kemarin kenapa (perpecahan) PPP berkelanjutan dan panjang? Ya karena ada orang luar yang masuk ke PPP, yang tidak tahu sejarah PPP. Misalkan dari sebelah itu, kayak Bu Fernita (mantan Waketum PPP), Bu Indah SDA (Indah Wardatul Asriyah), Mansyur Kardi, Sabrina dan kawan-kawan yang di sebelah, karena pernah di PPP gabung ke kita mudah, menjadi PPP yang kepengurusan sekarang," ujar anggota DPR itu.


"Yang masih tersisa di sana sebagian besar emang orang-orang luar, dan sebagian kecil ada orang yg lama juga, yang ingin memperpanjang masalah. Tapi ya sudahlah, lima tahun ini memberi pelajaran berharga bagi kita semua bahwa konflik itu tidak memungkinkan," imbuh Awiek.

Seperti diketahui, PPP akan menggelar Mukernas V di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada 14-16 mendatang. Mukernas digelar untuk menentukan kapan Muktamar pemilihan Ketua Umum PPP berlangsung.

"Mukernas PPP nanti akan dilaksanakan tanggal 14, 15, 16, dan Mukernas nanti akan memutuskan apakah Muktamar PPP untuk memilih ketum yang definitif itu akan dipercepat atau tidak. Kalau dipercepat, berarti Muktamarnya kembali pada siklus lima tahunan, berarti di April 2021," kata Sekjen PPP Arsul Sani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/12).



Tonton juga video Ada Diplomasi 'Nyonya' di Balik Proses Islah PPP:

[Gambas:Video 20detik]



(zap/elz)