Kisah Bocah Suman yang Bersekolah dengan Benjolan Daging Sebesar Apel di Dada

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 14:41 WIB
Foto: Bocah Suman yang memiliki benjolan segede apel di dada (Opik-detikcom)
Foto: Bocah Suman yang memiliki benjolan segede apel di dada (Opik-detikcom)
Makassar - Suman (10) , anak kecil berambut cepak ini jika dilihat sepintas tidak berbeda dengan anak ukuran sebayanya ketika mengenakan seragam di sekolah. Hanya saja ketika dia melepas kancing atas kera bajunya, maka terlihatlah benjolan daging di daerah dadanya sebesar apel.

Suman yang merupakan warga Jalan Kandea III, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), tidak pernah sekalipun patah semangat mengejar pendidikan, meski dengan segala kekurangan yang dimilikinya. Setiap harinya, dia berangkat ke sekolah dengan penyakit yang dideritanya.

"Saya ingat waktu pertama kali ini anak sekolah, benjolannya masih sebesar rambutan dan sekarang sebesar buah apel atau kepalan tangan orang dewasa," kata Guru Suman di SD Inpres Layang II, Nur Irma saat ditemui, Rabu (11/12/2019).



Dia mengagumi mental anak didiknya ini untuk bersekolah. Tidak sedikit pun Suman bolos atau meninggalkan pelajaran sekolahnya meski sempat mendapat sindiran dari teman-teman sekolahnya. Kadangkala, saat duduk di kelas 1 dan 2, dia selalu dikucilkan oleh teman-temannya untuk bermain.

Teman-temannya menganggap, Suman memiliki bau badan yang tidak sedap yang keluar dari cairan bagian kanan telinganya. Ejekan juga langsung ditujukan kepada benjolan yang besar di bagian dadanya.

"Saya bilang ke teman-temannya, jangan begitu nak, Suman ini teman kalian juga di sekolah dan kita belajar bersama-sama. Suman tidak pernah mengeluh soal sakitnya. Kalau sudah jam belajar dia masuk kembali ke dalam kelas," terangnya.

Kisah Bocah Suman yang Bersekolah dengan Benjolan Daging Sebesar Apel di DadaFoto: Bocah Suman yang memiliki benjolan segede apel di dada (Opik-detikcom)


Selanjutnya
Halaman
1 2 3