Mesin Waktu

Cerita Manusia Terakhir yang Berjalan di Permukaan Bulan

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 14:33 WIB
Foto: Eugene Cernan berjalan di bulan dalam misi Apollo 17. Foto ini diambil astronout Harrison Schmitt (NASA)
Jakarta - Hari ini tepat 47 yang lalu, misi Apollo 17 Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil mendaratkan pesawat luar angkasa yang membawa tiga astronaut berkebangsaan Amerika Serikat yang dipimpin Eugene (Gene) A. Cernan ke bulan.

Gene Cernan yang lahir di Chicago, Amerika Serikat pada 1934 didampingi Harrison H. Schmitt dengan tugas sebagai Lunar Module Pilot dan Ronald E. Evans sebagai Command Module Pilot.


Apollo 17 diluncurkan dengan roket Saturn V dari John F. Kennedy Space Center yang berlokasi di Merritt Island, Florida, Amerika Serikat pada 7 Desember 1972. Sekitar tiga hari kemudian pesawat mulai memasuki orbit bulan.

Harrison bersama Gene lalu berpisah dengan Ronald yang tetap berada di orbit bulan. Mereka berdua menggunakan Lunar Module bergerak menuju permukaan bulan dan mendarat pada 11 Desember di lembah Taurus-Littrow, kurang dari 200 meter dari titik pendaratan yang dinginkan.

Selama berada di permukaan bulan, Gene tiga kali keluar dari pesawat untuk mengeksplorasi lembah Taurus-Littrow. Terakhir bersama Harrison, astronaut lulusan Purdue University itu keluar pada 13 Desember. Mereka mengumpulkan beragam batuan dari permukaan bulan.
Selanjutnya
Halaman
1 2