Bupati Boven Digoel Bicara Pentingnya Pemekaran Papua di Komisi II

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 13:23 WIB
Rapat di Komisi II DPR (Foto: Nur Azizah/detikcom)
Rapat di Komisi II DPR (Foto: Nur Azizah/detikcom)
Jakarta - Sejumlah bupati dari wilayah Papua audiensi di Komisi II DPR untuk membahas pembentukan provinsi baru di Papua. Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop bicara tentang pentingnya pemekaran di Papua.

"Kami ingin supaya, kami orang selatan, Papua, ingin diberikan ruang untuk mengaktualisasikan diri kami di wilayah adat kami, untuk membangun daerah kami dengan cara kami," kata Benediktus di Komisi II DPR, Jakarta, Rabu (11/12/2019).



Dia mengatakan saat ini wilayah Provinsi Papua sangat luas. Menurutnya, kondisi tersebut tak mungkin hanya ditangani oleh satu gubernur.

"Karena menurut kami selama ini bukan karena orang di Provinsi Papua tidak memperhatikan, tapi terlalu luas wilayah ini untuk ditangani oleh hanya satu gubernur," ucap Benediktus.

Luasnya wilayah Papua itu membuat dirinya berharap provinsi Papua Selatan bisa direalisasikan. Benediktus mengatakan wilayah selatan Papua bisa membangun dengan caranya sendiri.

"Maka Provinsi Papua pada saat ini kami dari selatan ingin memiliki provinsi sendiri untuk dapat membangun, merencanakan pembangunan dengan cara dan sosiokultur yang kami miliki," tuturnya.

Simak Video "Masjid dan Gereja Terdalam di Dunia Ada di Papua"


Selanjutnya
Halaman
1 2