Angka Kemiskinan Masih Tinggi, Ombudsman Kritik Pemprov Aceh Beli 4 Pesawat

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 10:45 WIB
Pesawat Nurtanio (Foto: Pool/PT Dirgantara Indonesia)
Banda Aceh - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh memesan 4 unit pesawat Nurtanio (N219) produksi PT Dirgantara Indonesia (DI). Ombudsman Perwakilan Aceh mengkritik pembelian pesawat tersebut karena saat ini angka kemiskinan di Tanah Rencong masih sangat tinggi.

"Pembelian pesawat tersebut menurut saya adalah sesuatu yang kontraproduktif dengan fakta yang ada. Angka kemiskinan Aceh masih nomor satu di Sumatera," kata Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh Taqwaddin kepada wartawan, Rabu (11/12/2019).



Taqwaddin menyebutkan Provinsi Sumatera Utara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi lebih baik dari Aceh hingga kini belum memiliki pesawat milik Pemprov. Taqwaddin menilai Pemprov Aceh tidak peka terhadap fakta di lapangan.

"Seharusnya, dengan masih banyaknya rumah tidak layak huni di Aceh, Pemerintah Aceh memberikan perlindungan kepada masyarakat miskin dengan membangun rumah duafa," jelas dosen di Universitas Syiah Kuala ini.

"Begitu pula dalam hal kesejahteraan yang masih begitu rendah dan investasi yang minim, menurut saya sangat belum tepat momentumnya Pemerintah Aceh membeli pesawat," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2