Kemensos Gelar Donor Darah-Nikah Massal Peringati Bulan Kesetiakawanan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 19:53 WIB
Foto: Press Gathering Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2019 (Rahel-detikcom)
Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) bakal menggelar berbagai kegiatan menyambut Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019. Kegiatan itu antara lain donor darah hingga memperjuangkan hak-hak sipil seperti nikah massal bagi warga Kalimantan Selatan yang belum memiliki akte nikah.

"Secara nasional kita melakukan gerakan donor darah. Bulan November kita sudah bergerak, bulan bakti kesetiakawanan sosial itu di bulan November sampai dengan bulan Desember dengan donor darah serentak di laksanakan di mal-mal di hotel-hotel milik jaringan dari perusahaan-perusahaan yang terdapat di dalam kepanitiaan," kata Ketua Umum HKSN Kris Budihardjo, di Holiday Inn and Suites Jakarta, di Jalan Gajah Mada, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (10/12/2019).



Kris mengatakan dalam rangkaian HKSN 2019 ini akan melakukan penyisiran warga negara yang belum memiliki akte lahir di Kalimantan Selatan. Menurutnya, pembuatan akte kelahiran penting bagi warga negara.

"Kemudian gerakan kedua juga serentak di Kalimantan Selatan, panitia melalui berbagai yayasan-yayasan yang terlibat di kepanitiaan itu menyisir warga bangsa ini yang belum memiliki legalitas sebagai warga negara. Jadi kita harus tahu ya bahwa KTP itu bukan legalitas tapi identitas warga negara. Legalitasnya gimana? Akte lahir," ucap Kris.

"Nah setelah akte legalitas sudah di dapat. Yang kedua ini yang sangat penting nih, akte nikah," sambungnya.

Oleh karena itu, Kris juga mengatakan akan ada kegiatan nikah massal di Kalimatan Selatan. Khususnya bagi warga yang masih belum memiliki surat nikah.

"Jadi kita nanti ada nikah masal yang akan diselenggarakan berbarengan dengan lintas batas kesetiakawanan sosial yang akan diadakan per-kabupaten di Kalimantan Selatan," ucap Kris.
Selanjutnya
Halaman
1 2