Massa Demo di Depan Istana Pertanyakan Kenaikan Iuran BPJS-BBM

Yoki Alvetro - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 14:42 WIB
Demo di Taman Pandang Istana (Yoki Alvetro/detikcom)
Demo di Taman Pandang Istana (Yoki Alvetro/detikcom)
Jakarta - Massa dari beberapa elemen menggelar aksi di depan Taman Pandang Istana. Mereka menyuarakan sejumlah tuntutan, di antaranya soal harga bahan pokok dan BBM.

Pantauan di Jalan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (10/12/2019) hingga pukul 14.23 WIB, massa masih berkumpul untuk menyuarakan aspirasi mereka. Massa sebelumnya melakukan long march dari arah Patung Kuda,

Para pendemo itu berasal dari beberapa kelompok, di antaranya Gabungan Serikat Buruh Indonesia, Aliansi Gerakan Reforma Agraria, International League People of Struggle, Front Mahasiswa Nasional, dan Pemuda Baru Indonesia. Beberapa di antaranya memakai atribut kelompok masing-masing, seperti panji-panji dan sebagainya.


Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari HAM Sedunia yang jatuh hari ini. Dalam aksi mereka, massa menyampaikan tuntutan lewat spanduk. Ada yang menyinggung soal kenaikan iuran BPJS, kenaikan biaya pendidikan, hingga kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

"Negara harus memberikan pendidikan gratis dan berkualitas. Negara menjamin kesehatan, bukan dengan BPJS. Iurannya makin naik," kata salah satu orator atas nama Yuja Supriadi.

Massa Demo di Depan Istana Pertanyakan Kenaikan Iuran BPJS-BBMDemo di Taman Pandang Istana (Yoki Alvetro/detikcom)

Selain orasi, massa membacakan puisi dari atas mobil komando. Puisi itu dibacakan seorang perempuan yang isinya menyinggung soal pemenuhan hak kerja.

Tampak polisi berjaga di lokasi demo. Demo berlangsung tertib. Polisi juga melakukan pengawalan di lokasi serta mengatur arus lalu lintas agar tidak tersendat. (gbr/hri)