PDIP Jawab Anies: Kita Kritik karena TGUPP Tidak Sesuai Harapan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 14:11 WIB
Gembong Warsono (Foto: Rachman Haryanto)

Selanjutnya, Gembong mengkritik soal adanya tugas TGUPP untuk mengawasi SKPD. Seharusnya, TGUPP hanya memberikan rekomendasi kepada gubernur DKI.

"Dia bukan OPD, Organisasi Perangkat Daerah. Tim Gubernur sifatnya ad hoc. Sewaktu-waktu bisa diadakan, sewaktu-waktu bisa tidak, sesuai kebutuhan. Pertanyaannya? kalau tugas lampaui kewenangan kan bahaya," ucap Gembong.



Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan menyinggung kritik terhadap TGUPP khususnya dari oposisi. Anies mengatakan kritik untuk TGUPP menunjukkan keberhasilan TGUPP.

"Begini, kenapa pihak oposisi sangat keras pada TGUPP? Karena TGUPP efektif bekerja membuat program-program gubernur berhasil," kata Anies di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (10/12/2019). Hal itu disampaikan Anies saat ditanya tentang pemangkasan jumlah anggota TGUPP.

Menurut Anies, kritik oposisi tidak hanya ditujukan kepada TGUPP, tapi juga pada program lain. Sasaran kritik dari oposisi, menurut Anies, selalu diarahkan pada program yang dianggap berhasil. Anies menjadikan indikator kritik dari oposisi sebagai keberhasilan program.

"TGUPP justru memainkan peran yang sangat instrumental. Karena itu, buat saya, makin banyak dikritik terkait TGUPP, berarti kinerjanya TGUPP-nya itu makin dirasakan," kata Anies.
Halaman

(aik/imk)