Ketua Komnas HAM soal KKR: Jangan Bersifat Generik!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 12:55 WIB
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Ari Saputra/detikcom)


Kesepakatan berikutnya, Taufan mengatakan KKR harus sesuai dengan prinsip. Harus ada pengakuan pelanggaran HAM sebagai sebuah fakta.

"Yang kedua, saya katakan prinsip KKR itu, karena muncul di media 'rekonsiliasi saja sudahlah' itu berkasnya Komnas HAM itu nggak memenuhi prasyarat fakta itu, fakta kalau nggak mau diakui atas dasar apa. Orang dikatakan nggak pernah berkelahi, kalau nggak pernah berkelahi apa yang harus didamaikan, kalau mau damaikan memang kita akui ada masalah, kalau nggak ada masalah kalau gitu jalan saja nggak usah rekonsiliasi. Kita ingin memastikan itu bahwa dia memenuhi kaidah-kaidah KKR," ujarnya.

Taufan mengatakan Mahfud menawarkan KKR diperkuat dengan pembentukan undang-undang. Taufan mengatakan siap memberikan masukan kepada pemerintah.



"Waktu itu juga kita tambahkan, harus dengan dasar hukum yang kuat kemudian Pak Menko malah menawarkan 'Undang-undang saja' monggo Pak. Tapi kan inisiatif undang-undangkan bukan di Komnas, silakan saja pemerintah, nanti kami akan memberikan masukan-masukan," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3