Sidang LA 'Siswa SMK' yang Viral Bawa Bendera Saat Demo Digelar 12 Desember

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 07:16 WIB
Foto: LA saat memegang bendera merah-putih (dok.Istimewa)
Foto: LA saat memegang bendera merah-putih (dok.Istimewa)
Jakarta - Remaja berinisial LA yang fotonya viral saat memegang bendera Merah-Putih dalam aksi demo 30 September 2019 lalu akan segera disidang. LA akan disidang di PN Jakarta Pusat terkait kerusuhan saat demo.

Dilihat dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakpus, sidang perdana dengan perkara 1306/Pid.B/2019/PN Jkt.Pst diagendakan pada Kamis (12/12). Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pukul 14.00 WIB.

LA akan didakwa dengan dua pasal. Pasal 212 KUHP juncto pasal 214 ayat (1) KUHP atau Pasal 170 ayat (1) KUHP atau ketiga pasal 218 KUHP.


Pengacara LA, Sutra Dewi, membenarkan jadwal sidang tersebut. Dia menyebut perkara LA sudah dilimpah sejak 25 November lalu.

"Iya LA akan menjalani sidang dakwaan Kamis 12 Desember. Berkas sudah dilimpahkan sejak 25 November 2019," kata Sutra saat dikonfirmasi, Selasa (10/12/2019).

Diketahui, LA diduga terlibat melakukan kerusuhan saat demo pada (30/9). LA disebut polisi turut serta melakukan kericuhan saat demo berlangsung.

LA juga sempat viral dan menjadi perbincangan netizen di media sosial karena fotonya viral saat demo berlangsung. Saat itu, dia terlihat menggenggam bendera merah putih sambil menutup mukanya yang terkena gas air mata.

LA juga sempat dikabarkan hilang selama 24 jam seusai aksi demo di DPR pada Senin (30/9) lalu. Belakangan diketahui bahwa LA ditangkap polisi.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edi Suranta Sitepu menyebut LA ditangkap karena terlibat kerusuhan. Edi juga mengklarifikasi identitas LA yang semula disebut pelajar, ternyata LA merupakan remaja yang baru lulus sekolah.


Tonton juga Demo Ricuh! Massa Rusak Gerbang Kantor Wali Kota Parepare :

[Gambas:Video 20detik]

(zap/aan)