Laporan dari Madrid

DPR Harap Negara Maju Danai Capacity Building Atasi Perubahan Iklim

Mei Amelia R - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 05:18 WIB
Foto: Mei Amelia Rahmat/detikcomKetua Komisi IV DPR RI Sudin di Paviliun Indonesia, COP25, Madrid. (Foto: Mei Amelia Rahmat/detikcom)
Foto: Mei Amelia Rahmat/detikcomKetua Komisi IV DPR RI Sudin di Paviliun Indonesia, COP25, Madrid. (Foto: Mei Amelia Rahmat/detikcom)
Madrid - Negara maju diminta bertanggung jawab dalam perubahan iklim global. Negara-negara maju diminta mendanai pengembangan kapasitas teknologi (technology capacity building) dalam pengendalian perubahan iklim di negara-negara berkembang.

"Komisi IV menaruh target dan harapan pada COP Madrid ini yaitu kepala negara maju untuk pendanaan technology capacity building, termasuk kepentingan negara Indonesia dan keputusan COP terutama yang diadopsi pada COP26 mendatang," jelas Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat menjadi pembicara diskusi di Paviliun Indonesia di ajang Konferensi Perubahan Iklim (UNFCCC-COP25) di Feria de Madrid, Madrid, Spanyol, Senin (9/12/2019) waktu setempat.



Sudin mengaku dirinya telah mengamati agenda tahunan COP sejak di Paris, Prancis. Namun, kata dia, konferensi COP dari tahun ke tahun tidak membuahkan solusi yang nyata.

"Bapak ibu dari Paris, ke Marakes, ke Polandia ke Bonn, sampai hari ini ke Madrid semua hanya bicara, semua hanya ngomong, tidak ada tindak, tidak ada yang diperbuat," katanya.

"Saya ikuti dari Paris sampai hari ini apa yang diperbuat semua, selain negara-negara peserta semua datang ngomong pendapat, tapi tidak ada isinya," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2