Jatuh di Laut Riau, Nelayan Asal Sumut Ditemukan Tewas

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 09 Des 2019 19:48 WIB
Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Pekanbaru - Setelah tiga hari melakukan pencarian, tim SAR akhirnya menemukan nelayan asal Sumatera Utara (Sumut), Saiful Bahri, yang terjatuh di laut Riau. Korban rencananya akan segera dipulangkan ke kampung halamannya di Sumut.

"Korban ditemukan tim pukul 15.15 WIB di perairan Panipahan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau. Lokasi penemuannya tidak jauh dari lokasi awal jatuh dari kapal," kata Kapten KN 402 Basarnas Unit Bagansiapiapi, Doni, kepada wartawan, Senin (9/12/2019).


Doni menjelaskan tim gabungan yang melakukan pencarian terdiri atas TNI AL, Polri, dan nelayan setempat. Dari lokasi penemuan, tim mengevakuasi ke pelabuhan perhubungan laut hingga pukul 18.00 WIB.

"Dari lokasi pelabuhan perhubungan, korban akan dibawa ke rumah duka di Tanjung Balai, Asahan, Sumut," kata Doni.

Juru bicara Basarnas Kukuh Widodo menambahkan korban Saiful terjatuh dari kapalnya pada Jumat (6/12) siang. Korban merupakan nelayan asal Tanjung Balai, Asahan, yang mencari ikan di perairan Riau.


"Awalnya mereka ada empat orang dalam satu kapal. Nelayan ini mencari ikan di laut Riau," kata Kukuh.

Setelah menangkap ikan, kata Kukuh, para nelayan menuju ke Panipahan, Rohul. Namun, dalam perjalanan, tiba-tiba rekannya tidak melihat Saiful ada di dalam kapal.

"Korban hilang dari atas kapal yang terjatuh. Kecelakaan ini pun akhirnya dilaporkan ke Polairud. Dan Basarnas dilapori untuk membantu pencarian. Dan hari ini korban sudah ditemukan dalam keadaan tewas," tutup Kukuh.
Halaman

(cha/jbr)