Kapolri Lapor Jokowi soal Kasus Novel, Kapan Diungkap ke Publik?

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 09 Des 2019 18:25 WIB
Irjen M Iqbal (Ari Saputra/detikcom)
Irjen M Iqbal (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melaporkan perkembangan penanganan kasus teror air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Polri berjanji kasus Novel diungkap sebelum akhir tahun.

"Tidak akan berapa lama lagi. Insyaallah tidak sampai berbulan-bulan. Doakan, insyaallah," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019). Irjen Iqbal menjawab pertanyaan apakah pengungkapan kasus Novel tak akan sampai tahun berganti.


Dia mengatakan pengungkapan kasus Novel ke publik tinggal menunggu waktu. Menurutnya, tim teknis segera merampungkan tugasnya dan hasilnya bakal diumumkan ke publik.

"Ini masalah waktu, dan waktu ini tidak akan lama lagi. Kami sangat optimis segera menyelesaikan kasus ini, tidak berapa lama lagi dan tidak akan makan waktu lama lagi terhitung mulai saya sampaikan saya ini. Mohon doa, tim teknis segera merampungkan dan insyaallah segera sampaikan publik tentang pengungkapan kasus ini," ucapnya.

Iqbal masih belum menjelaskan detail apakah polisi sudah mengetahui pelaku dan motif penyiraman air keras ke Novel. Dia memastikan penanganan kasus ini tidak mati suri.


"Memang tidak ada (mati suri). Sejak terjadinya peristiwa kita lakukan upaya itu. Sudah 73 saksi diperiksa, 114 toko kimia diperiksa, 38 CCTV diperiksa, bahkan CCTV itu kita periksa secara lab forensik di Mabes maupun di Australia. Sabar saja, tidak akan berapa lama lagi tim teknis akan segera ungkap kasus ini. Kita sudah menemukan alat bukti yang sangat, sangat, sangat signifikan," tutur Iqbal.

Terakhir, dia mengungkap pesan Jokowi ke Idham.

"Satu kata, 'Kapolri segera ungkap kasus ini'," pungkasnya.





Jawaban Jokowi saat Ditanya soal Hukuman Mati bagi Koruptor:

[Gambas:Video 20detik]



(haf/tor)