5 Fakta Ikan Oarfish yang Ditangkap Nelayan di Selayar

Puti Yasmin - detikNews
Senin, 09 Des 2019 17:36 WIB
Foto: Instagram/@uozuaquarium_official5 Fakta Ikan Oarfish yang Ditangkap Nelayan di Selayar/
Jakarta - Kemunculan ikan oarfish membuat geger masyarakat, khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Sebab, ikan oarfish sering dikaitkan dengan pertanda gempa dan tsunami.

Penangkapan ikan oarfish pertama kali diunggah oleh @makassar_iinfo. Terlihat ikan oarfish raksasa dengan bentuk pipih panjang dan sisik berwarna warni.



Berikut fakta-fakta ikan oarfish yang dirangkum detikcom:


1. Punya Tiga Jenis

Ikan oarfish adalah ikan yang tinggal di dasar laut sehingga jarang muncul ke permukaan. Ikan ini terdiri dari tiga jenis, yakni Regaleus Glesne Ascanius, (King of herrings, 1772), Agrostichthys Parkeri (Benham, 1904), dan Regalecus Russelli (Cuvier, 1816).

2. Bisa Dikonsumsi

Peneliti Taksonomi Ikan LIPI Teguh Peristiwady kepada detikcom pada Februari lalu mengatakan ikan oarfish pada dasarnya tidak berbahaya. Bahkan, daging ikan oarfish dapat dikonsumsi.

3. Habitat Asli

Berdasakan jenisnya, ikan oarfish hidup di berbagai macam lokasi. Untuk tipe Regaleus Glesne Ascanius ada di hampir semua lautan. Agrostichthys Parkeri ada di perairan Selatan seperti New Zealand, dan Regalecus Russelli ada di perairan Indo-Pasifik.



4. Dikaitkan dengan Gempa dan Tsunami

Kemunculan ikan oarfish sering dikaitkan dengan peristiwa Gempa dan Tsunami. Sebab, dilaporkan ada kemunculan ikan oarfish sebelum bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang dan Indonesia (Palu).

5. Penjelasan Ilmuan

Profesor Iktiologi Pengkajian ikan Universitas Kagoshima, Hiroyuki Motomura mengatakan tidak ada hubungannya kemunculan ikan oarfish dengan bencana alam. Sebab, ada beberapa faktor yang memicu ikan muncul ke permukaan laut, seperti mengikuti arus laut. (pay/erd)