Kemenhub Lakukan Ramp Check Bus Natal-Tahun Baru: 30% Tak Laik Jalan

Zunita Putri - detikNews
Senin, 09 Des 2019 16:33 WIB
ilustrasi ramp check bus. (Ristu Hanafi/detikcom)


Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan pihaknya akan menyelesaikan ramp check kereta pada 13 Desember 2019. Dia menyebut sejak 1 Oktober pihaknya telah melakukan ramp check ke 159 stasiun dan 104 kereta api.

"Kita lakukan tidak semua, minimal 159 ramp check di stasiun sudah kita lajukan, 104 kereta api kita lajukan ramp check. Seperti air di toilet mengalir atau tidak di kereta, Jadi AC (pendingin ruangan di setiap gerbong) sudah ditetapkan berapa derajat minimal," katanya.



Untuk kereta lokomotif, Zulfikri mengatakan Ditjen Perkeretaapian telah melakukan ramp check pada 289 kereta lokomotif. Dia menegaskan ramp check ini tidak hanya dilakukan saat momen besar tapi diperiksa secara berkala dan terus-menerus.

"Kita sudah lakukan ramp check 289 lokomotif di Jawa 125 lokomotif, Sumatera 44 lokomotif, keretanya ramp check 2.075 kereta," ucap Zulfikri.

Untuk moda transportasi udara, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti menyebut pihaknya tidak hanya melakukan ramp check pada pesawat saja. Tetapi juga mengecek kesiapan pelayanan operasional dari staf bandara dan fasilitas bandara.



"Kami yang dilakukan ramp check nggak hanya pesawat, bandara juga lakukan ramp check, termasuk personelnya. Bukan hanya pesawat, tapi semua subsistem transportasi udara," ucap Polana.
Halaman

(zap/idn)