Kini Absen, Begini Momen Jokowi Saat Hadiri Hari Antikorupsi Bersama KPK

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 09 Des 2019 16:07 WIB
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa kali menghadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang diselenggarakan oleh KPK. Namun tahun ini Jokowi absen dan menghadiri acara Hakordia tak bersama KPK.

Acara peringatan Hakordia diperingati tiap Desember. Acara ini mulai rutin diselenggarakan oleh KPK, sebelumnya acara ini disebut Hari Antikorupsi Internasional (HAKI).

HAKI 2015: Jokowi Batal Hadir Karena Sakit

Pada HAKI 2015, yang diselenggarakan pada 10 Desember 2015 di Institut Teknologi Bandung, Jokowi batal hadir. Padahal sedianya Jokowi dijadwalkan membuka Festival Antikorupsi 2015.


Menko Polhukam Luhut Pandjaitan yang menggantikan berpidato di HAKI menyampaikan bahwa kesehatan Presiden saat itu kurang baik.

"Beliau sampai last minutes mencoba untuk hadir, tapi kesehatan Presiden tak baik, beliau minta maaf atas ketidakbisaannya beliau," kata Luhut di Festival Antikorupsi di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Kamis (10/12/2015).

HAKI 2016: Jokowi Batal Hadir

Lalu, pada HAKI 2016, Jokowi juga tak hadir dalam acara yang tahun itu diselenggarakan di Riau pada 9 Desember 2016. Saat itu Jokowi ada urusan kenegaraan lain.



Video Erick-Wishnutama-Nadiem Main Drama di Depan Jokowi: