Zulhas Didukung 30 DPW, Bara: Ada Semangat PAN Bebas Dominasi 1 Orang

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 09 Des 2019 15:59 WIB
Bara Hasibuan (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 30 DPW PAN mendukung kembali Zulkifli Hasan menjadi ketua umum periode 2020-2025. Waketum PAN Bara Hasibuan berbicara soal semangat membawa PAN bebas dari belenggu dominasi 1 orang.

"Banyaknya DPW dan DPD yang telah memberikan dukungan terbuka terhadap Zulkifli Hasan menunjukkan terdapat semangat kuat di PAN untuk membawa partai lebih independen dari dominasi 1 orang," kata Bara Hasibuan dalam keterangannya, Senin (9/12/2019).


Bara Hasibuan menyebut dukungan dari 30 DPW PAN ke Zulkifli Hasan tak bisa disepelekan. Bara juga memuji pidato Zulkifli Hasan soal surga dan neraka.

"Dukungan tersebut real dan tidak bisa dianggap sepele. Apalagi dukungan terbuka itu diberikan sehari pada malam setelah acara Rakernas, di mana Zulkifli Hasan sebagai ketua umum dalam pidatonya secara jelas mengungkapkan pikirannya yang independen, terutama soal positioning politik PAN dan pelajaran mahal bahwa 'jualan surga dan neraka' tidak efektif," ucap Bara Hasibuan.


Bara Hasibuan sekali lagi mengungkit soal dominasi seseorang atas PAN. Dia ingin PAN berubah dan menjadi kuat, terlebih Zulkifli Hasan telah mendapat dukungan dari DPW.

"Partai politik memang tidak boleh bergantung kepada satu orang. Institusi harus kuat. Adanya sikap independen dari DPW dan DPD bisa dimengerti karena itulah aspirasi demokratis dari kongres PAN kali ini yang ingin dominasi satu orang itu tidak ada lagi," sebut Bara Hasibuan. (gbr/tor)