Kemenhub Sediakan Bus Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru ke Semarang-Malang

Zunita Putri - detikNews
Senin, 09 Des 2019 15:43 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan bus gratis. (Foto: Zunita/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan bus gratis untuk pemudik Natal dan Tahun Baru 2019. Total ada 55 bus gratis yang disediakan untuk tujuan beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kita sediakan 35 bus (gratis), dari PT Jasa Raharja 20 bus. Jadi total 55 bus ke kota tujuan Semarang, Yogya, Solo, Boyolali, dan ke Malang," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Cucu Mulyana saat konferensi pers di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).



Cucu mengatakan saat ini kursi bus gratis baru terisi 75 persen. Dia menargetkan dalam satu minggu ke depan kursi bus gratis ini bisa terisi penuh.

"Dalam waktu dekat kita lihat agak lamban memang, karena tarif pesawat turun, mungkin ini kita lihatlah dalam waktu 1 minggu terisi semua," kata Cucu.

Menurutnya, bus mudik gratis ini sebenarnya masih dalam tahap uji coba. Jika mudik gratis ini berhasil diaplikasikan, maka saat mudik lebaran, Kemenhub juga akan menyediakan bus mudik gratis.



Untuk titik kumpul bus mudik gratis ini sudah tidak lagi di Monas, Jakarta Pusat. Cucu menjelaskan titik kumpul bus mudik gratis saat ini dipusatkan di lima terminal.

"Biasanya kita memang dipusatkan di Monas dalam hal ini, sekarang kalau di Monas digunakan bus pariwisata, sekarang tidak di Monas, tapi dilakukan di 5 terminal yaitu Kampung Rambutan, Pulogebang, Poris Pelawad, Kalideres, dan Batujajar," jelasnya. (zap/idn)