6 Kecamatan di 50 Kota Sumbar Banjir, Ratusan Rumah Terendam

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 09 Des 2019 13:55 WIB
Foto: Banjir melanda 6 kecamatan di Kabupaten 50 Kota, Sumbar. (Jeka Kampai-detikcom)
Foto: Banjir melanda 6 kecamatan di Kabupaten 50 Kota, Sumbar. (Jeka Kampai-detikcom)
50 Kota - Banjir melanda 6 kecamatan di Kabupaten 50 Kota Sumatera Barat. Banjir terjadi dipicu hujan lebat yang terjadi sejak pagi tadi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten 50 Kota, Joni Amir mengatakan 6 kecamatan yang terkena banjir itu adalah Kecamatan Payakumbuh, Suliki, Harau, Mungka, Pangkalan dan Lareh Sago Halaban.

"Tim kita masih di lokasi, untuk memantau dan membantu warga yang menjadi korban banjir," kata Joni Amir kepada wartawan, Senin (9/12/1019).


Menurut Joni, dengan kondisi cuaca yang masih hujan, ada kemungkinan banjir akan bertahan. Untuk itu, ia menghimbau warga untuk waspada.

Sejauh ini ada ratusan rumah warga yang terdampak dan ratuan hektare lahan pertanian yang terendam. "Angka pastinya masih direkap. Tapi perkiraaannya ratusan hektar lahan dan ratusan rumah. Baru masuk laporan dari enam kecamatan," katanya.


BPBD sudah menyiapkan tenda pengungsian dan dapur umum. Perahu juga disiagakan untuk mengevakuasi warga.

"Kita siagakan juga perahu dan motor boat mengantisipasi warga yang perlu dievakuasi," katanya lagi.

Sementara, lewat akun instagramnya, Bupati 50 Kota, Irfendi Arbi juga membenarkan banjir di daerah itu. Dia meminta warga untuk mengurangi aktivitas di daerah-daerah rawan bencana.


Tonton juga Ngeri! Banjir Bandang Hantam Desa di Kabupaten Bandung :

[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)