Jokowi Absen di Peringatan Hari Antikorupsi, Ini Kata Pimpinan KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 09 Des 2019 12:36 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hadir dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di KPK. Pimpinan KPK tidak mempermasalahkannya.

"Mungkin sibuk ya tapi nanti masih ada lain waktu ya untuk ketemu. Tadi kan kalau datang ingin dipeluk," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Jokowi yang diharap-harap Saut itu memang sebelumnya memilih berkunjung ke SMKN 57 Jakarta dalam rangka pentas antikorupsi. Wakil Presiden Ma'ruf Amin lantas yang menggantikan Jokowi menghadiri Hakordia di KPK.

Saut mengaku tidak kecewa Jokowi absen ke KPK dan memilih ke SMKN 57 Jakarta. Menurut Saut, langkah Jokowi bagus untuk menularkan antikorupsi ke generasi muda.




"Nggak apa-apa karena bagaimana pun kan kalau kita masuk jenjang pendidikan, semua jenjang pendidikan harus masuk, jadi baguslah jadi nanti generasi muda," ucap Saut.

Sebelumnya Jokowi mengaku memberikan kesempatan bagi Ma'ruf untuk ke KPK. Pada tahun-tahun sebelumnya Jokowi mengaku selalu hadir di KPK dalam rangka Hakordia.

"Ini kan Pak Ma'ruf belum pernah ke sana, ya bagi-bagilah. Masa setiap tahun saya terus, ini Pak Ma'ruf belum pernah ke sana. Silakan Pak Ma'ruf, saya di tempat lain," kata Jokowi.


Simak Video "Pameran Foto KPK di Peringatan Hari Antikorupsi"

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/dhn)