PDIP: Peluang Gibran Jadi Cawalkot Solo Masih Terbuka

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 09 Des 2019 08:15 WIB
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, akan mendaftar sebagai calon wali kota Solo via DPD PDIP Jawa Tengah. DPP PDIP pun menyatakan peluang Gibran masih terbuka.

"(Peluang Gibran) masih dong, masih. Terbuka, terbuka," kata Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat kepada wartawan, Senin (9/12/2019).


Djarot menjelaskan DPC dan DPD PDIP hanya menjaring para calon kepala daerah yang mendaftar. Setelah itu, DPP PDIP akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) serta survei elektabilitas terhadap para calon kepala daerah tersebut.

"Diseleksi lagi, iya disampaikan ke DPP. Jadi kan DPC-DPD itu sifatnya menjaring, kemudian disaring lagi di DPP partai. Kemudian di fit and proper di DPP partai. Kan di survei juga, kita survei bagaimana tingkat elektabilitasnya. Kemudian kita akan panggil ke DPP untuk fit and proper, baru setelah itu akan diangkat di rapat pleno di DPP," jelasnya.


Djarot mengatakan keputusan final soal siapa yang dicalonkan PDIP di setiap daerah berada di tangan DPP partai. Eks Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan semua calon harus mengikuti mekanisme yang ada, termasuk Gibran.

"Tetap (Gibran ikut fit and proper test). Jadi kita memperlakukan sama ya, semuanya harus mengikuti mekanisme dan aturan-aturan partai," tegas Djarot.


Simak Video "35 Orang Daftar Kepala Daerah Via PDIP Jateng, Gibran Belum"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2