Sudah 3 Hari, Petugas Damkar Masih Berjibaku di Mal Lokasari

Yoki Alvetro - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 18:19 WIB
Kebakaran di Mal Lokasari, Jakbar (Yoki Alvetro/detikcom)
Kebakaran di Mal Lokasari, Jakbar (Yoki Alvetro/detikcom)
Jakarta - Sudah 3 hari proses pemadaman kebakaran Mal Lokasari, Jakarta Barat, belum juga tuntas. Proses pendinginan yang dilakukan sejak pagi masih berlangsung hingga saat ini.

Pantauan di lokasi, Jalan Mangga Besar, Jakarta Barat, Minggu (8/12/2019) pukul 17.45 WIB, para petugas damkar masih tampak berjibaku. Padahal gelap sebentar lagi menyelimuti Jakarta.



Petugas damkar yang bertugas sejak pagi belum tampak keluar dari dalam Mal Lokasari. Mereka masih berusaha mendinginkan panas di rangka dan bangunan Mal Lokasari yang terbakar sejak Jumat sore (6/12).

Beberapa petugas yang ditugaskan di luar juga masih tampak sibuk memompa air untuk dialirkan ke dalam mal. Mereka mencoba menambah suplai kebutuhan air untuk proses pendinginan dari Kali Beton Taman Sari, Jakbar, hingga selokan-selokan sekitar Mal Lokasari.

Lebih dari 3 Hari, Petugas Damkar Masih Berjibaku di Mal LokasariPetugas mengambil suplai air di Kali Beton. (Yoki Alvetro/detikcom)




Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Barat Abdul Kholik mengatakan proses pemadaman hingga pendinginan Mal Lokasari ini memang butuh waktu. Banyaknya sekat ruangan menjadi kendala proses menjadi berkepanjangan.

"Sekarang tinggal penuntasan aja sih, karena tadi saya pantau tinggal panas-panas dari bangunan itu, karena rangka besarnya itu dari besi semua," kata Abdul.



Ditambah lagi petugas damkar juga harus berhati-hati saat memadamkan api. Sebab, kata Abdul, bangunan Mal Lokasari menjadi agak miring setelah terbakar hebat.

"Di atas kita ngeri juga karena bangunan udah agak miring sedikit karena besi-besi rangkanya sudah, mungkin karena panas sekian ratus derajat memuai dan agak melengkung," pungkas dia. (mae/dhn)