KPK Pamer Potret Perjuangan Lawan Revisi UU di Hari Antikorupsi

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 17:15 WIB
Salah satu foto yang dipamerkan (Foto: Yogi Ernes/detikcom)
Salah satu foto yang dipamerkan (Foto: Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta - Potret perjuangan KPK terpampang di Lotte Shopping Avenue. Foto-foto itu merupakan hasil dokumentasi yang melengkapi penyambutan KPK dalam Hari Anti-Korupsi Sedunia (Hakordia) yang akan jatuh pada 9 Desember.

Pameran foto tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Malam Penghargaan 'Anti-Corruption Film Festival (Acffest) 2019 dan Dongeng Kebangsaan Antikorupsi' yang diselenggarakan KPK hari Minggu (8/12/2019) di Ciputra Artpreunuer, Lotte Shopping Avenue. Pameran foto yang sebagian besar merupakan hasil dokumentasi dari KPK ini sendiri berisi foto-foto ilustrasi serta dokumentasi situasi momen demonstrasi dukungan yang diberikan masyarakat atas KPK.

KPK Pamer Potret Perjuangan Lawan Revisi UU di Hari AntikorupsiFoto: Yogi Ernes/detikcom


Salah satu foto dalam pameran tersebut memuat dokumentasi dari aksi dukungan band Efek Rumah Kaca yang menggelar konser di pelataran gedung KPK awal September lalu atas sikap penolakan mereka terhadap wacana revisi UU KPK yang sedang memanas kala itu.




Salah satu foto yang kemudian juga menyita perhatian adalah ilustrasi foto Presiden Jokowi lengkap dengan tulisan yang berbunyi 'Saya akan terus kejar di Polri agar kasus ini menjadi jelas dan tuntas siapapun pelakunya akan ditangkap. Akan kita kejar terus'. Kalimat tersebut merupakan salah satu kutipan dari pernyataan Presiden Jokowi ketika ditanya terkait penuntasan kasus penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan yang tidak kunjung tuntas hingga saat ini.

KPK Pamer Potret Perjuangan Lawan Revisi UU di Hari AntikorupsiFoto: Yogi Ernes/detikcom


Hal yang menarik adalah foto kutipan pernyataan Presiden Jokowi tersebut kemudian disandingkan persis di samping foto momen unjuk rasa yang dilakukan oleh Ketua BEM UI Manik Marganamahendra. Manik sendiri merupakan salah satu mahasiswa yang menjadi motor penggerak aksi massa demo 22 September lalu yang mendesak sikap tegas Presiden Jokowi dalam menolak rancangan revisi UU KPK.

Pameran foto dukungan untuk KPK ini sendiri rencananya akan digelar sampai malam hari bersamaan dengan diumumkannya penganugerahan dan pemutaran film terbaik dan favorit Acffest 2019. Acara juga akan diisi oleh Dongeng Kebangsaan yang akan dibawakan salah satunya oleh sutradara Garin Nugroho. (dhn/dhn)